TABUNG OKSIGEN

Home / Artikikel / TABUNG OKSIGEN

TABUNG OKSIGEN

Tabung Oksigen: Pentingnya Sumber Udara Hidup yang Bergerak

Dalam dunia medis, tabung oksigen menjadi salah satu perangkat penting yang digunakan untuk menyediakan pasokan O2 tambahan kepada pasien yang mengalami kesulitan bernapas. Tabung O2 adalah wadah yang dirancang khusus untuk menyimpan O2 dalam bentuk gas atau cair yang dapat digunakan oleh pasien di rumah, fasilitas medis, atau bahkan saat bepergian. Perangkat ini memberikan manfaat yang signifikan bagi mereka yang membutuhkan oksigen tambahan untuk menjaga fungsi tubuh yang optimal.

Komponen dan Fungsi Tabung Oksigen

Tabung O2 terdiri dari beberapa komponen penting yang bekerja bersama untuk menyediakan oksigen kepada penggunanya. Berikut adalah beberapa komponen utama yang ada dalam tabung oksigen:

  1. Silinder: Ini adalah bagian utama dari tabung oksigen, yang berfungsi menyimpan O2 dalam bentuk cair atau gas bertekanan tinggi. Silinder ini biasanya terbuat dari baja tahan karat yang kuat dan ringan.

  2. Regulator: Regulator terhubung ke silinder dan berfungsi mengatur aliran O2 yang keluar dari tabung. Regulator ini memungkinkan pengguna untuk mengatur aliran oksigen sesuai dengan kebutuhan individu mereka.

  3. Flowmeter: Flowmeter adalah bagian dari regulator yang mengukur dan mengatur laju aliran O2 yang keluar dari tabung. Ini dapat diatur dalam liter per menit (LPM) untuk memberikan aliran oksigen yang sesuai dengan kebutuhan pasien.

  4. Nasal kanula atau masker: Bagian ini merupakan saluran pengiriman O2 dari tabung ke pasien. Nasal kanula adalah tabung plastik yang panjang dengan dua lubang kecil yang dimasukkan ke dalam hidung pasien, sementara masker menutupi hidung dan mulut pasien. Kedua perangkat ini memungkinkan oksigen yang diatur untuk dihirup dengan nyaman oleh pasien.

Manfaat Tabung Oksigen

Memberikan manfaat yang sangat penting bagi mereka yang mengalami kondisi medis yang mempengaruhi sistem pernapasan mereka. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari penggunaan tabung oksigen:

  1. Meningkatkan ketersediaan oksigen: Bagi individu dengan gangguan pernapasan, seperti penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), penyakit paru-paru interstisial, atau gagal jantung, tabung O2 menyediakan sumber oksigen tambahan yang dapat meningkatkan kadar oksigen dalam darah mereka. Ini membantu mengurangi kelelahan, meningkatkan kemampuan fisik, dan memperbaiki kualitas hidup secara keseluruhan.

  2. Mengurangi beban kerja pernapasan: Dengan menggunakan tabung oksigen, pasien dapat mengurangi beban kerja pernapasan mereka. Oksigen tambahan membantu mengurangi kelelahan yang disebabkan oleh ketidakcukupan oksigen dalam tubuh, sehingga memungkinkan pasien untuk bernapas dengan lebih mudah dan lebih efisien.

  3. Mendukung penyembuhan dan pemulihan: Pasien yang menjalani pemulihan setelah operasi, cedera paru-paru, atau kondisi medis lainnya dapat mendapatkan manfaat besar dari oksigen tambahan. Oksigen membantu dalam proses penyembuhan dengan meningkatkan aliran darah dan mempercepat regenerasi jaringan.

  4. Mengurangi komplikasi pernapasan: Tabung oksigen dapat membantu mencegah komplikasi pernapasan yang serius. Penggunaan oksigen tambahan dapat membantu mencegah kekurangan oksigen jaringan dan organ tubuh, yang dapat menyebabkan kerusakan permanen pada organ vital.

Perawatan dan Penggunaan Tabung Oksigen

Untuk memastikan penggunaan yang aman dan efektif, penting untuk mengikuti pedoman dan instruksi yang diberikan oleh tenaga medis atau penyedia perawatan kesehatan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Pemeriksaan dan pengisian ulang: Tabung oksigen perlu diperiksa secara berkala untuk memastikan kondisinya baik dan cukup terisi oksigen. Pengisian ulang tabung harus dilakukan oleh penyedia oksigen yang terpercaya untuk memastikan kualitas dan keselamatan oksigen yang disediakan.

  2. Kebersihan dan pemeliharaan: Tabung oksigen dan aksesori lainnya, seperti nasal kanula atau masker, perlu dijaga kebersihannya. Pengguna harus menjaga kebersihan peralatan dengan membersihkannya secara teratur sesuai dengan petunjuk yang diberikan.

  3. Keselamatan: Tabung oksigen harus disimpan dengan aman dan terhindar dari panas, api, atau bahan yang mudah terbakar lainnya. Perlu dihindari juga dari paparan langsung terhadap sinar matahari dan kerusakan fisik.

Tabung oksigen adalah sumber udara hidup yang bergerak yang memberikan manfaat besar bagi mereka yang membutuhkan oksigen tambahan. Dalam dunia medis, perangkat ini memainkan peran penting dalam meningkatkan kualitas hidup pasien dengan kondisi pernapasan yang terpengaruh. Dengan perawatan yang tepat dan penggunaan yang bijak, tabung oksigen membantu memastikan pasien menerima oksigen yang mereka butuhkan untuk menjalani kehidupan yang sehat dan aktif.

Kami menjual tabung oksigen 

Tersedia ukuran 1000m3, 1500m3 dan 2000m3

Lokasi Toko Alat Kesehatan Jogja Citra :

Alamat: Jl. Monumen Perjuangan, Banjardadap, Potorono, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55194

Pemesanan bisa menghubungi kami via wa/Telepon0812-2997-015

Perlu dibantu?